Dampak perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan IPTEK sangat berdampak besar pada segala aspek kehidupan manusia, karena pada dasarnya fungsi dasar IPTEK adalah untuk membanu manusia dalam mengerjakan kegiatan manusia di kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh dampak yang ditimbulkan dari perkembangan IPTEK yang terjadi dalam bidang Ekonomi.

 Perkembangan IPTEK sangat dirasakan pengaruhnya bagi manusia terutama dalam bidang Ekonomi. Hal ini dapat lihat dari sangat bergunanya Komputer pada proses transaksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Komputer membantu manusia untuk menghitung secara pasti jumlah pengeluaran, pemasukan, jumlah harga, dll saat seseorang pedagang dan pembeli melakukan transaksi.

Selain Komputer yang tidak kalah penting bagi bidang ekonomi adalah Internet. Internet sangat membantu seseorang melakukan transaksi jual beli jarak jauh. Proses jual beli dapat dilakukan melalui internet yang sering kita sebut ‘Online Shop’ sehingga Kita tidak perlu lagi pergi ke suatu tempat untuk membeli sebuah barang. Tetapi proses seperti ini juga memberikan dampak buruk bagi para konsumen, karena maraknya kasus penipuan yang terjadi pada proses jual beli di online shop. Seseorang menampilkan iklan palsu untuk menarik minat para pembeli, ketika para pembeli sudah setuju mengirimkan uangnya terlebih dahulu barang yang diinginkan tidak kunjung diantarkan oleh orang tersebut sehingga pembeli tersebut mengalami kerugian.

Dampak yang ditimbulkan dari perkembangan IPTEK tidak hanya berupa dampak positif melainkan juga dampak negatif, tergantung bagaimana individu dapat memilah dampak tersebut supaya Perkembangan IPTEK dapat memiliki manfaat fungsional yang besar dalam kehidupan kita.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s