Bagaimana alam pikiran manusia berkembang?

Alam pikiran manusia dapat berkembang karena dipengaruhi oleh 2 faktor,  yaitu:

a. Rasa keingintahuan

b. Upaya menanggulangi keterbatasan

Rasa Keingintahuan

Manusia adalah mahluk yang dikaruniai akal dan pikiran oleh Tuhan, oleh karena itu manusia disebut mahluk yang berpikir. Dimulai sejak manusia baru dilahirkan pikirannya sudah dapat berkembang, seorang bayi selalu merekam segala sesuatu yang baru pertama kali dilihatnya. Ketika bayi tersebut sudah mulai bertumbuh menjadi anak-anak, anak tersebut sudah memiliki rasa keingintahuan  tentang segala hal, oleh sebab itu pikiran anak tersebut sudah mulai dibayangi oleh pertanyaan-pertanyaan sederhana mengenai  bentuk, warna dan benda yang berada disekitarnya. Ketika dewasa pertanyaan-pertanyaan yang sederhana itu akan semakin lebih rumit yaitu tentang bagai mana hujan dapat terjadi? Bagaimana bumi dapat berputar ? dan sebagainya. Hal ini akan membuat manusia berupaya untuk mencari tahu tentang semua jawaban dari setiap pertanyaannya tersebut. Dan ketika pertanyaan tersebut sudah dapat terjawab makan manusia akan cenderung mencari jawaban dari pertanyaan yang lebih rumit lagi.

 

Upaya Menanggulangi Keterbatasan

Manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangannya masing- masing. Terkadang kekurangan yang dimiliki manusia dapat membatasi setiap gerak dalam kegiatan yang manusia lakukan, sehingga manusia kesulitan untuk menjalankan aktivitasnya. Tetapi tentunya keterbatasan ini tidak sertamerta  membuat manusia langsung menyerah. Keterbatasan yang dimiliki manusia membuat manusia berpikir bagaimana cara menutupi atau menanggulangi kekurangannya tersebut sehingga mereka dapat memudahkan aktivitasnya. Contohnya saja Louis Braille, ia mengalami kebutaan semenjak masih kanak-kanak. Kebutaan ini membuat Louis Braille kesulitan dalam mengikuti pelajarannya disekolah dikarenakan dia tidak dapat melihat bacaan yang terdapat dalam buku pelajarannya. Louis Braille  pun mencari cara bagaimana ia dapat mengikuti pelajaran disekolah selayaknya teman-temannya, akhirnya ia menciptakan sebuah huruf baru yang dapat ditulis dan dibaca oleh dirinya yaitu huruf Braille. Sampai saat ini penemuannya itu berhasil memudahkan anak-anak yang mengalami kebutaan seperti dirinya dalam proses pembelajaran terutama dalam membaca. Contoh lainnya adalah Wright Bersaudara, mereka adalah yang pertama kali menciptakan pesawat terbang. Mereka mencari cara bagaimana manusia dapat menempuh jarak yang jauh dengan waktu yang singkat.

Hal ini membuktikan bahwa rasa ingin tahu manusia dan upaya manusia untuk menanggulangi keterbatasannya membuat alam pikiran manusia dapat berkembang, karena dengan rasa ingin tahu manusia dan keterbatasan yang dimiliki manusia membuat manusia berfikir diluar dari apa yang pernah mereka pikirkan biasanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s