Tugas Terahir Kesehatan Mental (KesMen)

Pengertian gangguan mental adalah suatu keadaan dimana fungsi mental seseorang mengalami disfungsi. Yang dimaksud dengan gangguan adalah hal-hal yang menyebabkan ketidak beresan (ketidakwarasan) atau ketidakwajaran terhadap kesehatan metal atau jiwa. Dalam terminologi yang lain gangguan mental ialah adanya ketidakseimbangan yang terjadi dalam diri kita, berpusat pada perasaan, emosional dan dorongan (motif/ nafsu), yang mengakibatkan pada ketidakharmonisan antara fungsi-fungsi jiwa, yang menyebabkan kehilangan daya tahan jiwa, pada akhirnya jiwa menjadi labil dan cenderung mudah terpengaruh pada hal-hal yang negatif, serta dirinya tidak mampu merasakan kebahagiaan serta tidak mampu mengaktualisasikan potensi-potensi (kemampuan) yang ada dalam dirinya secara wajar.

Banyak sekali bentuk dri gangguan mental yang dapat kita temui disekitar kita. Contohnya: Depresi, Anxietas/Kecemasan, Gangguan Panik, Fobia (termasuk Sosialfobia), Obsesi Kompulsi, Skizofrenia, Gangguan Bipolar (Manik-Depresif), Ketergantungan Zat/Narkoba/Alkohol, Gangguan Stres Pasca Trauma.

Gangguan mental dapat terjadi pada siapa saja. Penyakit mental dapat me-ngenai setiap orang, tanpa mengenal umur, ras, agama, maupun status sosial-ekonomi. Oleh karena itu setiap orang harus mengerti bagaimana cara agar kita tehindar dari masalah gangguan mental tersebut.Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan agar kita dapatterhindar dari gangguan mental :

  1. Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta

Sebagai umat yang beragama, kita seharusnya menjalankan kewajiban untuk beribadah kepada Sang Pencipta. Sebagai umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan shalat 5 waktu, shalat dapat merelaksasikan pikiran dan otot yang tegang sehingga tingkat stressor dapat berkurang dan memungkinkan terhindar dari gangguan mental.

  1. Bersikap terbuka kepada keluarga

Peran keluarga sangat penting dalam menghindari terjadinya gangguan mental. Bersikaplah terbuka dengan menceritakan masalah-masalah yang dialami agar keluarga dapat membantu memecahkan masalah sehingga tidak akan terjadi gangguan mental.

  1. Melakukan aktivitas yang bersifat positif

Kita akan merasa bahagia jika melakukan aktivitas yang bersifat positif. Bila kita melakukan hal yang bersifat negatif akan membawa kita kepada banyak permasalahan dan pada akhirnya akan timbul gangguan mental.

  1. Berpikir positif

Orang-orang yang selalu berpikir positif akan terhindar dari gangguan mental karena mereka tidak berpikir hal negatif tentang orang lain yang akan menjerumuskannya pada hal-hal yang tidak baik.

  1. Berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara rutin akan membuat tubuh teteap fit dan sehat karena apabila tubuh kita sehat akan berpengaruh pada mental kita.

  1. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Segala aktivitas yang kita jalani, tak jarang kita merasakan kepenatan yang berlebih. Menyediakan waktu untuk rehat sejenak dari segala rutinitas dapat membantu kita terhindar dari gangguan mental.

  1. Tidak mengikuti hawa nafsu

Hawa nafsu yang berlebih dapat membawa kita pada penyesalan yang timbul akibat mengikuti hawa nafsu dan akan berujung pada kesusahan dan kesedihan yang berkepanjangan. Hal ini memungkinkan timbulnya gangguan mental.

  1. Penerimaan diri

Seseorang harus menerima dirinya dan bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Jika tidak maka individu akan merasa ketidakpuasan pada dirinya sehingga menimbulkan gangguan mental.

Gangguan mental memang sudah menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang, tetapi sebenarnya gaangguan mental tidak perlu ditakukan karena masih banyak cara yang dapat kita lakukan agar terhindar dari gangguan mental tersebut. Dan sebaiknya kita yang masih memiliki mental yang sehat tidak mengucilkan kerabat-kerabat kita yang terkena gangguan mental, tetapi terimalah mereka selayaknya orang normal karena obat alami bagi penderita gangguan mental adalah penerimaan diri dan rasa peduli yang diberikan oleh orang-orang sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s