Sistem Informasi Psikologi dan Penerapannya

Dalam tulisan saya sebelumya mengenai Sistem Informasi, telah dijabarkan mengenai pengertian dari sistem informasi serta penerapan Sistem Informasi di bidang kerja dalam kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penerapan Sistem Informasi dalam bidang psikologi.

Sistem Informasi sangat banyak sekali digunakan dalam bidang Psikologi, contohnya saja dalam bidang Psikologi Industri dan Organisasi (PIO). Kini perusahaan banyak menggunakan software mengenai alat tes psikologi untuk mempersingkat waktu seleksi calon karyawan secara efisien. Selain itu Sistem Informasi dalam bidang PIO dipergunakan untuk pelaksanaan analisis jabatan karyawan, sehingga perusahaan dapat melakukan penempatan jabatan/posisi karyawan sesuai dengan spesifikasi kemampuan karyawannya masing-masing.

Selain dalam bidang PIO, Sistem Informasi juga dipergunakan dalam bidang Klinis. Hal ini ditandai dengan adanya konseling online yang dirancang untuk mempermudah klien dalam melakukan konseling yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus mempersoalkan jarak dan waktu untuk mengunjungi konselornya. Tes intelegensi maupun tes inventori dalam psikologi juga memerlukan Sistem Informasi dalam penerapannya, baik dalam tes IQ yang dilakukan secara langsung maupun lewat media online (seperti test Rorschach pada http://theinkblot.com ).

Selain itu Sistem informasi juga diperlukan dalam perhitungan analisis data psikologi. Salah satunya adalah SPSS (Statistical Pacages for the Social Science) program ini dirancang untuk membantu dalam memproses data-data statistik secara tepat dan cepat, serta menghasilkan berbagai output yang dikehendaki oleh para pengambil keputusan.

Ana kurniawati. (2014). ana.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/33562/SISTEM%2BINFORMASI.ppt+&cd=2&hl=en&ct=clnk. Diakses pada 22 Oktober 2015, 16:73 WIB

Rahman,u., & Burjulitus, L.(2010). Perancangan system informasi manajemen penerimaan karyawan outsourching di PT. infomedia solusi humanika. Jurnal system informasi. Vol.28(3), 27-32

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s