Sistem Informasi Psikologi (Prospek Pribadi)

Awalnya saya tidak terpikir untuk mengambil jurusan psikologi ketika ingin memasuki bangku perkuliahan, namun ketika saya sedang mendaftarkan diri di universitas seorang teman saya menyarankan saya untuk menggambil jurusan ini. saya sempat kesal karena banyak orang berpersepsi bahwa anak psikologi bisa membaca pikiran seseorang, tapi itu salah karena kami kan bukan ahli nujum. Lulusan psikologi bisa banyak menempati posisi baik diperusahaan, sekolah, rumah sakit, biro psikologi, atau instansi pekerjaan lainnya. Secara pribadi apabila saya ditanya mengenai pekerjaan setelah saya lulus kuliah nanti saya sangat berkeinginan untuk menjadi psikolog anak, meskipun masih panjang jalan saya untuk mendapatkan profesi tersebut karna harus menempuh jenjang s2 untuk menjadi seorang psikolog. Profesi psikolog banyak macamnya ada psikolog klinis, psikolog perilaku, psikolog pendidikan, psikolog kesehatan, psikolog forensik, psikolog sosial, dan banyak lagi namun saya lebih memilih menjadi psikolog anak. Menurut saya psikolog anak memiliki peranan yang sangat penting karena seperti yang kita tau bahwa anak merupakan calon penerus masa depan, penerus masa depan kita haruslah yang sehat baik jiwa dan raganya. Apabila seorang anak mengalami tekanan, trauma, kelainan tingkah laku dan sebagainya dibiarkan saja tanpa mendapatkan treatment yang benar maka akan mempengaruhi tumbuh kembang jiwanya. Tugas psikolog anak tidak hanya diperlukan bagi anak anak yang mengalami hambatan atau gangguan, psikolog anak juga berperan untuk anak-anak yang sehat untuk menanamkan jiwa yang kuat supaya terlatih untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang mungkin dialaminya dimasa depan, dengan seperti itu mereka akan mampu untuk mengembangkan kehidupan bangsa agar menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

